12 Cara Merawat Laptop Gaming Agar Awet


Sejak zaman laptop gaming ada, mulai dari Acer Ferrari, Toshiba Qosmio hingga muncul berbagai rakam komputer desktop replacement, sangat penting diketahui penggunanya cara merawat laptop gaming agar awet, tidak cepat rusak dan siap digunakan kapan saja, serta memperpanjang usai pengunaannya.

Toko service laptop di Jakarta memberikan tips, kiat merawat komputer gaming portable ini berlaku untuk semua merek dan model laptop gaming yang saat ini banyak di pasar, di era e-Sport yang digandrungi kaum milenial. Mulai dari Acer Nitro, Acer Predator, Razer Blade, Gigabyte Aero, Asus TUF, Asus ROG (Republic Of Game), Dell Inspiron, Dell Alienware, Lenovo Legion, HP Envy, Gigabyte Aero dan lain-lain.

Dapur pacu laptop gaming selalu dipersenjatai dengan perangkat yang mumpuni, salah satunya video grafis menggunakan NVIDIA GeForce untuk menampilkan jutaan warna beresolusi tinggi. Kartu grafis ini sangat boros listrik dan cenderung cepat panas. Laptop gaming memang dirancang untuk menjalankan aplikasi yang berat dengan mengandalkan gambar beresolusi tinggi hingga 3D. Jenis komputer yang juga tepat untuk pekerjaan video editing maupun untuk menggambar karya arsitek yang membutuhkan performa yang baik saat melakukan rendering.


  • Jagalah fisik komputer selalu bersih, mulai dari cover, layar LCD, keyboard dan palm rest serta track pad. Tak perlu membersihkannya dengan zat kimia. Dengan kain lembut sejenis, pembersih kaca mata sangat baik, untuk menghindari baret. Gunakan kuas, untuk membersihkan keybord, dan upayakan posisi laptop terbalik saat melakukan itu, agar debu tidak masuk ke panel. Debu yang timbul dari kotoran disekitar adalah musuh utama semua jenis notebook. Bukan hanya laptop gaming, termasuk Ultrabook, ChromeBook dan MacBook
  • Bermainlah di tempat yang bersih, meja tidak berdebu, singkirkan asbak rokok. Pastikan sirkulasi udara bekerja dengan baik. Ventilasi fan tidak tertutup. 
  • Jangan gunakan si laptop di atas bantal, komputer akan cepat panas dan kipas mungil yang ada di dalamnya akan bekerja ekstra, jika kewalahan, bisa stuck, komputer hang.
  • Bila cukup nyaman, meletakkan notebook di atas cooling fan akan meminimalisir laptop dari panas berlebihan (over heated)
  • Mutakhirkan OS, lazimnya Microsoft Windows untuk komputer PC berbeda dengan Mac OS besutan Apple yang tidak lazim disebut laptop gaming. Lakukan pengkinian secara otomatis itu yang terbaik.
  • Mutakhirkan program anti virus, anti malware yang digunakan secara otomatis dan install hanya satu, apakah itu Norton Anti Virus, Bitdefender Antivirus Plus, Avast, Kaspersky
  • Perbarui drivers, tools yang diperlukan, yang menjadi bawaan laptop seperti utility NVIDIA GeForce atau AMD Gaming Evolved. DirectX
  • Jangan jejali HDD dengan program dan utility yang tidak perlu, termasuk program anti virus, cukup pasang satu.
  • Ekspan RAM hingga batas maksimum, dan pastikan 100% compatible dengan motherboard laptop.
  • Jika cukup nyaman, saat bermain di atas meja, gunakan external keyboard yang bagus dan joystick berkualitas. Selain menjaga keyboard internal tetap awet, suatu saat bila laptop mau dilego dan tukar dengan spesifikasi yang lebih tinggi seiring dengan perkembangan teknologi, harga jualnya tetap lebih tinggi bila dibandingkan dengan laptop gaming yang keyoard-nya telah berantakan, huruf pada tuts memudar.
  • Matikan utility yang tidak digunakan saat bermain games, misalnya Bluetooth, WiFi jika tidak harus tersambung dengan internet, termasuk external HDD. Tujuannya memberi ruang kosong pada RAM dan meminimalisir panas serta tidak membuat processor terlalu sibuk ngurusin yang tidak diperlukan. 
  • Pantaulah suhu komputer bisa dengan menggunakan aplikasi CPUID Hardware Monitor, bila panas berlebihan, istirahatlah. Terutama saat anda semalaman bermain game, karena kurang kerjaan atau nganggur. Jangan rusak laptopmu dan fisikmu hanya untuk menghadapi robot yang tak berwujut. Bermain games memang asyik, pintar-pintarlah membatasi diri dan memanfaatkan waktu.
Selamat bermain games dengan rileks dan nikmati porforma komputer dengan baik, setelah memahami 12 (dua belas) cara merawat laptop gaming agar awet dan tidak cepat panas. Rawat komputermu dengan telaten, begitu juga dengan tubuhmu dan waktu yang digunakan, kelolalah dengan baik.