Penyebab LCD Laptop Bergaris

Layar tampilan LCD laptop, atau monitor PC maupun TV LED sama-sama terdiri dari dua lapisan tipis kaca yang mengandung bahan kristal cair di antara lempengannnya. Ketika terjadi kerusakan pada layar monitor kaca, serpihan menyusup ke lapisan kristal atau menimbulkan masalah lain pada fungsi tampilan layar. Ini salah satu penyebab LCD laptop bergaris, atau perangkat monitor elektronik yang menggunakan LCD (Liquid Crystal Display) maupun LED (Light-Emitting Diode). Saat rusak menimbulkan garis vertikal berwarna, muncul ketika monitor menyala. Penyebab lainnya, garis-garis tersebut tampil permanen karena koneksi tampilan yang terganggu.

Indikasi LCD Notebook Bergaris

Penyebab LCD laptop bergaris, timbulnya garis diagonal, bergerigi, horizontal maupun vertikal biasanya menunjukkan terjadinya kerusakan panel. Satu set garis horizontal dapat menunjukkan kegagalan sistem grafis, atau kabel video internal yang longgar (kabel flexibel). Sinyal rusak dari kabel atau perangkat keras grafis menciptakan ketidak utuhan tampilan saat mereproduksi gambar pada layar LCD. Kondisi yang sering terlihat dengan bentuk garis vertikal atau horizontal warna RGB sehingga pemiliknya membutuhkan tempat benerin atau ganti layar LCD laptop.


Koneksi Kabel Flexibel Longgar

Jika garis-garis jarang muncul dalam tampilan gambar, atau tidak terlihat secara permanen, kabel video yang longgar sering menimbulkan masalah. Saat perangkat dibawa, jatuh dan terbentur dengan benda keras, kabel menjadi kendur di dalam laptop, penyebab lain yang sering terjadi, mengakibatkan LCD notebook bergaris. Selain itu, dapat juga terjadi pada inverter, perangkat elektronik, interface penghubung komputer dengan layar kaca.

Komputer jinjing dibangun dengan casing untuk menyerap dan menghilangkan guncangan kecil, bahkan guncangan hebat dapat menyebabkan kabel menjadi longgar. Termasuk televisi maupun eksternal monitor, meski sering ditempatkan diam, masih bisa terjadi kabel longgar jika tidak terpasang dengan tepat.

Ganguan Pada Perangkat Komputer

Jika Anda pernah membuka laptop untuk membersihkan panel di bawah keyboard, Kemungkinan Anda akan melihat banyak hal seperti partikel makanan, rambut, atau bahkan debu. Di bagian belakang monitor dan televisi, mereka juga berisi serangkaian lubang atau celah, debu dapat merembes ke bagian dalam dan menyebabkan masalah. Secara teratur membersihkan keyboard laptop dan membersihkan bagian belakang monitor atau televisi dapat sangat memperpanjang masa manfaatnya. Ini adalah tindakan pencegahan mengatasi garis yang ada di layar. Melakukan maintenance, membersihkan notebook di toko service laptop secara berkala adalah pilihan yang baik.

Cara Memperbaikinya

Langkah pertama dalam pemecahan masalah adalah memastikan tingkat kerusakan. Untuk monitor eksternal atau televisi, pasang kembali kabel input video atau pertimbangkan untuk mengganti kabel dengan yang baru. Jika garis terus ditampilkan, ini menunjukkan kegagalan internal, sesuatu yang tidak dapat diperbaiki oleh awam, pengguna perangkat tersebut. Mengganti kabel flexibel atau inverter sesuai untuk jenis dan spesifikasi laptop.

Inverter Laptop
Inverter Laptop


Instruksi yang ada secara online untuk membongkar monitor, laptop atau televisi untuk mengganti bagian yang rusak, tidak semudah yang dibayangkan. Selain dibutuhkan tools yang lengkap, diantaranya obeng khusus, awam yang tidak terbiasa untuk melakukan reparasi perangkat elektronik, sulit melakukannya. Selain mendapatkan perangkat (spare parts) yang tepat, jika harus diganti.

Tindakan yang disarankan adalah membawanya ke tempat service komputer laptop jika tidak ada lagi jaminan garansi yang masih aktif. Mengatasi penyebab LCD komputer bergaris, mengganti perangkat LCD yang rusak dengan yang baru, atau mengganti inverter LCD maupun kabel pita layar (flexible cable), VERSACOM di Jakarta Selatan menawarkan jasa itu untuk pengguna laptop, Ultrabook maupun MacBook.

Kabel Flexibel
Kabel Flexibel Laptop