Windows 7 Dihentikan, Microsoft Sarankan Pakai Windows 10

https://www.microsoft.com/id-id/

Jakarta – Setelah berjalan lebih dari 10 tahun, kini saatnya mengucapkan selamat tinggal pada Windows 7. Pasalnya, mulai hari ini, Selasa, 14 Januari 2020, pihak Microsoft sudah tidak lagi memberikan dukungan pada Windows 7. Artinya, segala bentuk bantuan teknis sistem operasi dan software update (pembaharuan) sudah tidak lagi tersedia untuk Windows 7.

Melalui laman resminya, Microsoft membeberkan alasan mereka menghentikan pembaharuan terhadap sistem operasi yang lahir sejak 22 oktober 2009 ini.

“Ketika periode 10 tahun ini berakhir, Microsoft akan menghentikan dukungan kepada Windows 7 sehingga kami dapat memfokuskan investasi kami untuk mendukung teknologi yang lebih baru dan pengalaman baru yang hebat,” tulis pihak Microsoft.


Atas hal tersebut, pihak Microsoft mengimbau kepada seluruh pengguna Windows 7 untuk secepatnya beralih menggunakan Windows 10 agar komputer atau laptop yang mereka gunakan dapat terlindungi dari virus.

“Microsoft sangat menganjurkan agar Anda berpindah ke Windows 10 kira-kira sebelum Januari 2020 untuk menghindari situasi di mana Anda memerlukan layanan atau dukungan yang sudah tidak lagi tersedia,” lanjut pihak Microsoft.

Sebelumnya, penawaran upgrade Windows 10 secara gratis telah berakhir pada 2016 lalu. Untuk mendapatkan Windows 10, Microsoft juga menyarankan agar pengguna membeli perangkat baru, atau jika memiliki PC yang kompatibel, pihaknya menyarankan untuk membeli software dengan versi lengkap.

“Untuk mendapatkan Windows 10, Anda harus membeli perangkat baru, atau jika Anda memiliki PC yang kompatibel, beli versi lengkap perangkat lunak untuk meningkatkan perangkat Anda yang ada,” ujarnya.

“Kami menyarankan Anda untuk tidak menginstal Windows 10 pada perangkat yang lebih lama, karena beberapa perangkat Windows 7 tidak kompatibel dengan Windows 10, atau dapat mengalami penurunan ketersediaan fitur,” lanjutnya.

Meski begitu, Windows 7 masih tetap aktif dan masih dapat diinstal meskipun sudah tidak lagi mendapat dukungan dari Microsoft. Namun, memaksakan penggunaan Windows 7 pada PC, membuat PC menjadi lebih rentan terserang virus dan masalah-masalah keamanan lainnya.

Kelahiran Windows 7 menjadi berkah tersendiri bagi Microsoft saat itu. Sistem operasi ini laris di pasaran begitu awal kemunculannya. Bahkan 6 bulan setelah perilisannya, penjualannya sudah mencapai angka 90 juta. Selang dua tahun, windows 7 sudah berhasil mengalahkan kesuksesan windows XP.

Saat itu, Windows 7 dianggap sebagai pembawa keberuntungan setelah sebelumnya, peluncuran Windows vista, dan bahkan setelahnya, Windows 8, dianggap gagal.

Sebenarnya, rencana pemberhentian dukungan atas Windows 7 ini sudah didengungkan pihak Microsoft pada 2014 lalu. Hal ini dilakukan agar pihaknya dapat mempercepat adopsi Windows 8 oleh para pengguna. Namun, saat itu para pengguna masih banyak yang menggunakan Windows 7 dan belum ingin beralih ke Windows 8. Menurut mereka, Windows 7 adalah sistem operasi yang efisien dan ramah bagi para penggunan. Alhasil, pihak Microsoft pun meneruskan dukungan mereka untuk Windows 7 hingga hari terakhirnya yaitu, hari ini. Selamat tinggal Windows 7.